Feeds:
Posts
Comments

Archive for April 18th, 2011

Kalau suatu hari anda berada di Jogjakarta, coba deh mencicipi bakso yang satu ini. Saya sendiri lupa Sudah berapa kali bertandang kesini setiap kali saya ke Jogja. Selain gudeg, ini merupakan menu makanan wajib tiap kali kesana.

Letaknya di lingkungan Pasar Pathuk, daerah Gandekan. Saya lumayan familiar dengan daerah ini termasuk blusukan ke kampung2nya, karena my late grandma used to live here. Kalau anda sudah sampai di pintu masuk pasar, nggak perlu ke dalem, maka di pojokan sebelah kiri ada kios terakhir yang pake spanduk “Bakso dan Es Teler Pak Hadi”.

Siang kemarin cuman saya pengunjungnya, tempatnya bener-bener sempit dan anda harus rela berpanas-panasan tanpa AC ataupun kipas angin. Kuah bakso yang lumayan panas pun menambah kesumukan di siang hari itu, tapi tenang aja, abis pesen bakso menu wajibnya kudu pesen es teler nya. Di dinding ada foto tahun 70an ketika si Pak Hadi memulai bisnisnya pertama kali, mulai dari gerobak sampai akhirnya punya kios sendiri. Kalau kebetulan penuh ya anda harus rela antre di luar kios sampai ada yang keluar. Suasananya kaya di rumah sendiri, mau nambah tinggal ambil sendiri.

Seporsi bakso campur yang ditawarkan seperti gambar di atas, plus mie dan bihun. Saya pun ketagihan sama bakso gorengnya yang udah dikeringkan, diiris tipis, terus direndem bersama kuahnya. Mau kecap dan sambal pun monggo free-of-charge. Ini benar-benar Jogja’s best kept secret. Ahhhh tapi rasanya udah gak secret lagi kalau saya udah mem-publish nya di blog ini. Cobain deh, mikirin lagi aja bikin jadi kepengen lagi.

Read Full Post »